Senin, 20 Mei 2013

Software Gratis untuk Desain Grafis

Mendesain kini bukan lagi hal yang sulit. Banyak software yang dapat digunakan untuk membuat desain. Mulai dari software yang berbayar yang harganya mahal sampai software yang gratis, yang bersifat open source. Untuk desainer grafis yang memiliki dana terbatas dan ingin menghindarkan diri dari menggunakan software bajakan tentu pilihan menggunakan software yang gratis merupakan pilihan yang bijak. jangan salah, meskipun software gratisan, hasilnya juga tidak kalah dengan karya desain grafis yang menggunakan software berbayar. Intinya semua kembali kepada skil individu dan kreativitas masing-masing desainer grafis. Pepatah mengatakan, "Man behin the gun". Apapun softwarenya, kalau yang memegang adalah orang yang ahli pasti menghasilkan karya yang berkualitas.

Ada berbagai macam software desain grafis yang bisa digunakan para desainer untuk membuat karya. Beberapa software tersebut akan saya jabarkan secara ringkas di bawah ini:

InkScape: 

Inkscape adalah software grafis berbasis vektor yang similiar dengan Corel Draw dan Adobe Illustrator. Inkscape merupakan software grafis yang bersifat opensource yang awalnya dibuat untuk platform Linux. Anda dapat mengunduh InkScape pada website resminya di http://inkscape.org/download/. Besar file Inkscape banya berkisar 33 MB. Ukurang yang sangat kecil dibanding software desain grafis lainnya. Akan tetapi meskipun ukuran filenya kecil, kemampuannya tidak sekecil ukurannya. Inkscape merupakan software gratis yang cukup powerful. Saya dulu pernah menggunakan software ini untuk membuat sebuah tampilan website. Kecil, ringan, namun dapat diandalkan sehingga membuat saya cukup puas menggunakan software ini.

Kekurangan yang saya rasakan saat menggunakan software ini adalah fitur multi page yang biasa kita lihat pada COrel Draw. Fitur ini memudahkan kita saat membuat layout majalah atau buletin yang sederhana. Ketiadaan fitur ini tentu merepotkan desainer yang sudah terbiasa menggunakan Corel Draw untuk membuat layout majalah.

Jika Anda tertarik menggunakan Inkscape, jangan kuatir soal tutorial dan panduan. Di internet saat ini banyak terdapat tutorial penggunakan Inkscape yang dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan. Salah satu diantaranya adalah http://inkscapetutorials.wordpress.com/, juga http://gimpscape.blogspot.com/.

Gimp 

Gimp merupakan software yang bersifat gratis berbasis bitmap yang similiar dengan Adobe Photoshop. Anda dapat menggunakan Gimp untuk membuat efek tulisan, memanipulasi foto, mengedit foto bahkan membaut layout website. Gimp dapat di download di situs resminya di http://www.gimp.org/downloads/. Serupa dengan Inkscape, Gimp juga awalnya dibuat untuk platform Linux. namun dikarenakan meningkatkan jumlah penggunanya, Gimp kini tersedia untuk platform Windows.

Gimp cukup mudah dipelajari meskipun toolnya agak berbeda dengan Adobe Photoshop. Anda yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan Photoshop pada awalnya akan merasa kebingungan mencari letak tools yang akan digunakan. Namun seiring dengan waktu ditambah dengan membaca tutorial-tutorial yang ada di Internet insya Allah Gimp pun dapat dikuasai dengan mudah.
Tutorial Gimp yang cukup bagus bisa Anda lihat di http://gimp-tutorials.net/.

Sementara dua software itu dulu yang saya ulas. Insya Allah kalau ada software gratis untuk desain grafis yang menarik lainnya akan saya ulas lagi. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.