Rabu, 03 November 2010

Tips Desain- Ketika Inspirasi Macet di jalan

Bagi seorang desainer, hal yang sangat penting namun terkadang sulit adalah inspirasi. Apalagi kalau sedang tidak mood. Bisa-bisa desain yang dibuat tidak maksimal. Untuk itu, perlu kita bahas bagaimana tips-tips mencari inspirasi desain supaya para desainer tidak lagi mengalami "susah cari inspirassi' :D -iklan banget hehe.

Ketika ide-ide di kepala kita habis, istirahatlah sejenak. jangan paksakan diri untuk tetep mendesain. Kalau memaksakan diri untuk tetap bekerja, dijamin kepala justru tambah suntuk dan penat. Alih-alih ingin segera merampungkan pekerjaan, yang didapat malah pekerjaan yang berantakan. Untuk itu, istirahatlah sejenak. Berbaring sejenak dan meluruskan punggung terbukti -pengalaman pribadi- dapat sedikit meredakan kepenatan yang ada di kepala. Jalan-jalan keluar ruangan juga boleh.



Setelah beristirahat yang cukup, mulailah mencari inspirasi dari karya-karya orang lain yang terdapat di buku, majalah atau internet. Dengan melihat karya orang lain, otak akan dirangsang untuk berpikir kembali dan bergerak-gerak membuka jendela inspirasi. "eh, idenya boleh juga ya, aku coba bikin yang mirip dengan ini ah", "eh kalau ini dipad dengan ini kok bagus juga ya" dsb. Betapa karya orang lain bisa menjadi sumber inspirasi bagi karya kita. Tapi bukan berarti melihat karya orang itu menjiplak 100% lho ya. Tidak, seorang desainer yang baik tidak akan melakukan hal seperti itu. Lihat karya orang lain untuk dijadikan inspirasi saja, bukan untuk dicontek ;)

Nah, kalau inspirasi sudah dapat, langsung saja tuangkan dalam bentuk karya. Jangan tunda sampai ide itu menghilang dari kepala kita. Mumpung masih segar dan masih penuh ide-ide baru, lakukan pekerjaan desain kita dengan passion yang tinggi. Karena, yang namanya inspirasi itu mahal dan susah dicari :D

Oke, selamat mendesain dan berkarya ya ;)

gambar dari: http://riyadhblogs.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.